Jumat, 30 Oktober 2009

Membedakan Leader & Manager

Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya
bagi orang lain ( HR Buchari )

LEADER
1. Menentukan Arah (Visi) bagi Organisasi & strategi mencapainya
' di masa depan.
2. Menyelaraskan, menyampaikan arahan dengan perkataan & teladan
. hingga anggota tim mengerti, menerima visi & strategi tersebut.
3. Memberi Motivasi & Inspirasi, semangat kepada jajarannya untuk
. bisa menyelesaikan masalah terutama yang paling mendasar
. mengenai kebutuhan manusia.


MANAGER

1. Menyusun Rencana & Anggaran. Menetapkan rencana kerja, langkah
. detail dan sumber daya untuk mencapai visi yang ditetapkan.
2. Mengorganisir, membagi tugas & tanggung jawab, menetapkan struktur
. organisasi & orang2 yang mengisi berbagai posisi dalam struktur
. organisasinya, menetapkan prosedur & aturan main menciptakan
. sistem monitoring pekerjaan.
3. Mengendalikan Flow kerja. Memonitor hasil, mengidentifikasi
. penyimpangan, menyelesaikan masalah yang terjadi.

Subject Global :
1. leader is an Innovator, manager is an administrator
2. Leader Develops, manager maintains
3. Leader is an Original, manager is a copy
4. Leader focuses on people, manger focuses on system
5. Leader relies on trust, manager relies on control
6. Leader has long perspective, manager has short view
7. Leader asks what and why, manager asks how and when
8. Leader challenges it, manager accept status quo.
Leader does the right things, manager does things right

Subject Detail :
Essence ( Leader : Change, manager : Stability )
Focus ( Leader : Leading People, Manager : Managing Work )
Have ( Leader : Followers, manager : Subordinates )
Horizon ( Leader : Longterm, manager : Short term )
Seeks ( Leader ; Vision, Manager : Objectives )
Approach ( Leader : Sets direction, manager : Plans Detail )
Decision ( Leader : Facilitates, manager : Makes )
Power ( leader : Personal Charisma, manager : Formal authority )
Appeal to ( Leader : Heart, manager : Head )
Energy ( Leader : Passion, manager : Control )
Dynamic ( Leader : Proactive, manager : Reactive )
Persuasion ( Leader : Sell, manager : Tell )
Style ( Leader : Transformational, manager : Transactional )
Exchange ( Leader : Excitement for work, manager : Money for work )
Likes ( Leader : Striving, manager : Action )
Wants ( Leader : Achievement , manager : Results )
Risk ( Leader : Takes, manager : Minimizes )
Rules ( Leader : Breaks, manager : Makes )
Conflict ( Leader : Uses, manager : Avoids )
Direction ( Leader : New Roads, manager : Existing roads )
Truth ( Leader : Seeks, manager : Establishes )
Concern ( Leader : What is Right, manager : Being Right )
Credit ( Leader : Gives, manager : Takes )
Blame ( Leader : Takes, manager : Blames )

Abu Bakar RA pernah berkata, "Seorang pemimpin bagaikan pemanah. Dia menghimpun anak2 panah (dalam satu wadah supaya tidak bercerai berai ) dan membidikkan anak-anak panah itu pada sasaran yang tepat".

Dari pernyataan ini bisa diartikan, pemimpin atau amir atau istilah sekarang leader dalam kepemimpinan khususnya kolektif, harus memiliki kemampuan mengatur (memanage) agar jajaran tidak berserakan apalagi berpecah belah, menyelesaikan dengan tepat serta mengerahkan potensi yang ada untuk membidik target dengan tepat.

Secara Teori, Leadership dan manager memang bisa dibedakan. Namun
secara realitas keduanya sulit dipisahkan, bagaikan mata uang logam
yang memiliki dua sisi berbeda tapi tidak bisa dipisahkan. Seorang
leader seharusnya memiliki kemampuan manajemen, demikian pula sebaliknya.

Jadilah pemimpin bagi diri sendiri dan orang banyak seperti Rasulullah
SAW memimpin diri dan ummatnya. ( Disarikan dari dunia maya oleh Agus A.Musabiq )
Baca selengkapnya...